Pengertian Software Komputer dan Jenis software yang wajib diketahui

Pengertian Software Komputer dan Jenis software yang wajib diketahui

Pengertian Software Komputer dan Jenis software yang wajib diketahui - pasti sobat inspiratif tak asing lagi dengan kata software atau di sebut juga perangkat lunak yaitu sekumpulan data elektronik yang disimpan serta diatur oleh komputer itu sendiri , data elektronik tersebut  berwujud suatu program  yang berfungsi  menjalankan suatu perintah  agar  perangkat keras yang terpasang agar bisa berfungsi dengan baik.

Setelah sobat bisa memahami pengertian software itu sendiri maka anda dapat mengenali berbagai macam  jenis software komputer.  software ternyata dapat dibagi menjadi dua yaitu berdasarkan fungsi dan aplikasi dari software tersebut.

Jenis Software berdasarkan Fungsi
Berdasarkan fungsinya yakni software untuk sistem dan software aplikasi.
Software sistem mempunyai  fungsi utama untuk operasional dari sistem komputer tersebut jadi segala sesuatu yang berhubungan dengan sistem operasi maka yang mejalankan software sistem namun  software sistem juga di bedakan  menjadi dua macam yakni operating system (sistem operasi) dan software bahasa pemrograman. 

Software operating system komputer 
seperti contoh Windows, Linux, Unix, Mac, dan lain sebagainya,
Sedangkan untuk bahasa pemrograman seperti C, Java, C++, C#, Python, PHP dan beberapa bahasa pemograman baru lainya.

Software aplikasi 
sering di gunakan untuk membantu menyelesaikan masalah yang mungkin saja anda hadapi nantinya sebagai pengguna komputer. Software aplikasi meliputi program paket yang sudah jadi tersedia atau program aplikasi buatan anda sendiri.

Macam Software berdasarkan Aplikasi
software tersebut dibedakan sesuai bidang kebutuhan dan lingkungan penggunaan software ,di bawah ini adalah macam software berdasarkan aplikasinya.

System Software,
Adalah sekumpulan program yang dirancang untuk mendukung kinerja program lain, sebagai contoh  driver.

Real Time Software,
Yakni suatu perangkat lunak yang berfungsi mengendalikan, melakukan pemantauan,melakukan riset serta bisa juga menganalisis peristiwa yang terjadi secara real time seperti laporan cuaca.

Business Software,
Adalah  software yang memberikan fasilitas  untuk berbisnis atau software dirancang agar mempermudah pengambilan keputusan dalam bidang management.

Engineering and Scientific Software
sesuai dengan namanya sofware  ini memang dirancang untuk  bidang aplikasi teknik seperti teknik mesin, bangunan,atau pekerjaan yang membutuhkan rancangan yang detail serta ilmu pengetahuan, yang terkait dengan komputasi data numeric, CAD (Computer Aided Design), simulasi sistem, dan lain-lain.

Embedded Software,
yaitu software yang ditanam pada suatu chip (biasanya disebut microcontroller) untuk menjalankan fungsi tertentu dalam suatu sistem yang ada.

Personal Computer Software
perangkat lunak yang di khususkan pada aplikasi yang bersifat individu.
Artificial Intelligent Software, dirancang dengan menggunakan teknik algoritma non-numeric untuk memecahkan masalah yang rumit, digunakan dalam bidang perhitungan yang akurat.

Selain yang diatas  software bisa juga di bedakan berdasarkan lisensi distribusi software tersebut.seperti dibawah ini.

Freeware 
yakni perangkat lunak yang didistribusikan tanpa menuntut biaya untuk penggunaannya atau bisa dibilang dapat digunakan secara gratis. Aplikasi jenis ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang tidak terbatas. tapi perlu diingat bahwa lisensi aplikasi tersebut tetap menjadi hak milik oleh pengembangnya. 

bisa saja Pengembang (developer) tersebut  dapat mengubah dari aplikasi gratis menjadi produk berbayar bila  pengembang tersebut menginginkannya. Aplikasi berjenis  freeware biasanya didistribusikan tanpa disertai dengan source code program tersebut.

yang bertujuan untuk mencegah segala macam modifikasi atau merubah kode program yang telah dirancang pengembang untuk  pengguna. Selain itu di temukan juga lisensi yang mana sebuah program bebas untuk didistribusikan serta mengizinkan software yang akan dicopy namun yang harus di garis bawahi aplikasi yang di salin  tidak untuk dijual secara komersil.

Crippleware
 adalah jenis software yang dapat digunakan secara gratis  seperti freeware tapi dengan fasiltas  yang terbatas. Adapun untuk mendapatkan fitur lengkap  maka para pengguna aplikasi jenis ini harus membeli lisensi dari software tersebut. kebanyakan aplikasi jenis crippleware ini berfungsi sebagai sarana untuk mempromosikan suatu perangkat lunak.

Donationware 
yaitu jenis software yang sama seperti freeware. Segala fitur pada aplikasi  dapat digunakan secara penuh tanpa harus membayar, tapi anda harus  menyertakan  donasi untuk kelangsungan pengembangan software tersebut. Jadi bila anda  terkesan akan kualitas software tersebut maka dapat memberikan donasi melalui cara telah disediakan oleh pengembang.

Open Source
ini hampir sama seperti definisi freeware tapi jenis aplikasi ini berbeda. Perbedaannya terletak pada source codenya  ,software open source memang tersedia untuk pengguna tapi tetap di bawah hak cipta serta secara bebas diizinkan untuk mendistribusikan ulang software tersebut.

Shareware 
salah satu software yang di saat  penggunaannya terdapat sebuah demonstrasi, namun untuk digunakan dalam jangka waktu tertentu . Sebagai contoh waktu evaluasi yang ditawarkan ialah 30 hari, bila lebih 30 hari  maka aplikasi  tersebut tidak dapat digunakan secara penuh cara menggunakan aplikasi tersebut kembali secara penuh maka anda diharuskan membayar  lisensi untuk product tersebut.

Baca juga
pengertian network monitoring system dan software

0 Response to "Pengertian Software Komputer dan Jenis software yang wajib diketahui "

Post a Comment

1. Berkomentarlah Sesuai Judul Diatas Dengan Sopan

2. Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur P*rn0grafi dan S4ra.

3. Mohon Maaf Bagi Yang Berkomentar Melampirkan Link Langsung gue akan langsung hapus

4.dilarang mencopas artikel tanpa ijin

matur suwun sobat pembaca