cara mengatasi pesan USB not recognized pada komputer windows 7 dan 8


cara mengatasi pesan USB not recognized pada komputer windows 7 dan 8- apa kalian juga pernah mendapatkan pesan peringantan usb not recognized ini bisa di bilang bahwa kabel usb yang anda hubungkan ke komputer seperti pada perangkat printer ,kamera,smartphone, tersebut tidak di kenal oleh komputer anda sendiri ini berarti bahwa ada beberapa jenis gangguan antara driver perangkat dan port USB.

perangkat USB yang terpasang pada sistem Anda melalui port USB, yang memungkinkan perangkat untuk dapat berinteraksi dengan host controller pada motherboard Anda. sehingga perangkat lunak yang disebut driver tersebut dapat digunakan untuk mengelola seluruh proses mengubungkan antara komputer dengan perangkat lainya.
Tujuan dari driver perangkat untuk bertindak sebagai panduan bahwa komputer dapat membaca serta berinteraksi atau berkomunikasi dengan perangkat yang di hubungkan . Driver terdiri dari sejumlah instruksi komputer untuk melaksanakan fungsi input dan output dasar dengan perangkat yang di hubungkan.


Selain jenis perangkat yang admin sebutkan di awal, masalah tersebut bisa terjadi pada  mouse, flash drive , joy stick dan keyboard  Meskipun modus di mana perangkat ini berinteraksi dengan sistem anda adalah sama, (melalui host controller), ada beberapa perangkat, seperti keyboard, dan flash drive yang membutuhkan driver khusus.

Setiap perangkat hardware yang terhubung ke komputer Anda dilengkapi dengan driver sendiri. Jadi, ketika masalah peringatan  usb not recognized  sebaiknya anda  mencoba untuk mendiagnosa terlebih dahulu  serta segera  memperbaiki masalah tersebut seperti : 


  •     Driver korup, hilang, out-of-date atau tidak terpasang.
  •     Host controller tidak berfungsi.
  •     perangkat mungkin memerlukan port USB 2.0 yang sistem anda tidak mendukung.
  •     PSU (Power Supply Unit) tidak memasok daya yang cukup ke port USB.
  •     Perangkat USB tidak dicolokkan ke port USB dengan benar.
  •     Perangkat USB rusak.
ada kemungkinan masalah pada power suply mungkin karena pasokan listrik Anda tidak memadai  Untuk memverifikasi masalah tersebut  hanya dengan cara  mematikan komputer Anda  dan kemudian cabut dari stopkontak. Tunggu beberapa menit, kemudian pasang kembali dan nyalakan komputer atau laptop anda ,namun masalah power suply tersebut jarang terjadi jutru pada driver usb  yang jadi penyebabnya.

Berikut Ini Cara mengatasi USB pada windows 7
Metode 1: Uninstall dan kemudian menyambungkan kembali hard drive eksternal
Metode ini menyelesaikan masalah di mana driver USB saat ini dimuat telah menjadi tidak stabil atau rusak.

  •     Klik Start, ketik Device Manager di kotak pencarian
  •     Klik Disk Drives dari daftar hardware
  •     Klik USB dan cari nama usb yang anda pasang  lalu klik Uninstall.
  •     Setelah hard drive dihapus, cabut kabel USB.

Tunggu selama 1 menit dan kemudian hubungkan kembali kabel USB.perangkat  harus secara otomatis memuat.

Cara mengatasi USB not recognized pada windows 8
Periksa komputer anda  apakah  perlu untuk  memperbarui driver Anda. Buka Control Panel> Printer dan perangkat. Periksa apakah Anda dapat melihat entri  untuk perangkat USB Unidentified atau Unknown Device , check apakah komputer /laptop anda tersedia pembaruan  driver  bila di temukan   maka Buka Properties dan memperbarui driver-nya.
Cara mengatasi USB not recognized pada windows 8

 Jalankan  Windows USB Troubleshooter yang  membantu memeriksa perangkat keras atau USB yang terhubung ke komputer  dan memperbaikinya secara otomatis .

check versi  USB yang anda hubungkan ada versi usb yang tidak kompatible untuk tanyakan teknisi komputer apakah versi USB perangkat yang dihubungkan kompatibel dengan komputer anda.

Baca juga : 

Tips  Mengatasi  smartphone Android Tidak Terbaca Oleh Komputer

1. hal pertama yang anda bisa mencoba dengan kabel USB  lainnya, karena mungkin saja kabel USB anda sedang bermasalah atau rusak  bila anda sudah mengganti kabel USB namun perangkat Android juga belum tebaca oleh komputer/laptop, maka masalah bukan pada kabel USB tapi smartphone adroid anda atau hal lainya.

2. setiap komputer/laptop pasti terdapat beberapa port USB, jadi anda bisa mencoba  port lainya bila  masih belum terdeteksi juga ini berarti masalah memang pada perangkat Android anda. 

3. Mengaktifkan MTP media pada sambungan USB.

1.masuk ke Menu Setting USB Smartphone android anda.
2.centang opsi  perangkat media (MTP).
3.Jika cara tersebut berhasil maka akan ada pemberitahuan bahwa perangkat Android sudah tersambung ke PC/laptop anda.
4.Mengaktifkan USB Debugging Selanjutnya anda juga perlu untuk mengaktifkan USB Debugging pada smartphone Android.

Untuk mengaktifkan USB Debungging ini cukup mudah karena anda tinggal masuk ke pengaturan telepon dan pilih Developer Options, lalu tinggal cari USB Debugging dan centang untuk mengaktifkan.

Bila opsi developer option tidak ada maka anda perlu mengaktifkanya dengan cara masuk ke menu pengaturan pilih opsi tentang perangkat lalu tekan beberapa kali pada nomor bentukan kernel maka fitur developer option akan otomatis aktif.

0 Response to "cara mengatasi pesan USB not recognized pada komputer windows 7 dan 8"

Post a Comment

1. Berkomentarlah Sesuai Judul Diatas Dengan Sopan

2. Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur P*rn0grafi dan S4ra.

3. Mohon Maaf Bagi Yang Berkomentar Melampirkan Link Langsung gue akan langsung hapus

4.dilarang mencopas artikel tanpa ijin

matur suwun sobat pembaca