6 Cara agar baterai laptop tetap awet dan tahan lama

6 Cara agar baterai laptop tetap awet dan tahan lama




6 Cara agar baterai laptop tetap awet dan tahan lama - bila anda suka ngegame atau mengerjakan tugas penting lainya dengan laptop kesayangan  anda pastinya kesal apabila laptop anda tiba-tiba mati sendiri padahal status baterai masih 70 % atau 50 % .setelah anda check teryata baterai laptop anda low belt kenapa bisa begitu ? mungkin salah satu penyebabnya adalah penggunaan baterai yang telalu lama dan  anda juga  tak bisa merawat baterai laptop  sehingga menyebabkan baterai menjadi drop.
sama hal dengan manusia yang semakin hari umurnya akan  semakin tua semua baterai juga punya masa pakai 1 tahun atau 2 tahun itu baru ganti baterai.

 bukan hanya baterai laptop saja bisa juga baterai smatphone atau perangkat elektronik yang membutuhkan baterai namun kebanyakan kasus baterai laptop drop  terjadi karena saat anda mengerjakan tugas atau bermain game  posisi laptop keadaan mengisi untuk itu sebaiknya anda tahu bagaimana cara merawat baterai laptop dengan benar seperti di bawah ini.


Cara merawat baterai laptop
bila anda beli laptop baru hal pertama yang anda lakukan mengecas laptop anda  sekitar 4 sampai 8 jam (ini tergantung kapasitas baterai tersebut seperti banyak cell yang digunakan pada batterai laptop tersebut).

jika laptop anda  menggunakan OS Windows maka anda bisa menggunakan fitur ‘Power Option, di sini anda  bisa mengatur pemakaian batterai laptop yang memungkinkan baterai bekerja  lebih effisien.

bila ingin batterai lebih tahan lama  disarankan juga  memilih option  ‘Max Batterai’ yang bertujuan untuk  menghemat penggunaan daya baterai  ini  karena hanya membutuhkan kecepatan prosesor seminimal mungkin untuk hanya untuk tugas ringan seperti membuka Ms word maupun Ms exel. ini bisa di artikan bahwa  Max Batterai akan berpengaruh terhadap  kecepatan laptop itu sendiri. 

Kurangi brightness pada layar laptop
kecerahan layar LCD laptop juga memyumbang konsumsi  daya baterai cukup tingi . Oleh karena itu disarankan untuk mengurangi brightness  namun tetap nyaman dipandang mata.

Lepaskan semua  perangkat eksternal yang terhubung dengan laptop anda karena perangkat tersebut juga dapat  menggunakan daya listrik tanpa anda sadari.

Seringkali pengguna laptop membiarkan ada perangkat  lain yang terkoneksi di laptop seperti USB kabel kamera digital, USB Flash Disk, PC Card, card reader atau perangkat lainya Sedangkan perangkat itu juga sudah tidak digunakan lagi.

Di sarankan untuk melepas semua perangkat yang terhubung  ke laptop bila memang  tidak digunakan lagi karena akan menguras daya baterai walaupun sebenarnya konsumsi daya perangkat sedikit tapi tak salahnya anda bisa menghemat penggunaan daya baterai laptop.

Mengisi baterai hingga Penuh
Saat mengisi  baterai laptop  Anda tunggu hingga penuh 100%, tapi kebanyakan  orang juga tak sabar inginnya segera mungkin menggunakan laptop.

Parahnya lagi bila laptop dalam keadaan mengisi baterai di gunakan untuk game atau pekerjaan lainya ini jadi salah satu penyebab baterai laptop anda jadi drop.

Jika baterai sudah hampir habis, charge baterai kembali hingga penuh namun jangan sampai menunggu baterai sampai 0 %   Ini akan membuat siklus pengisian baterai terganggu.

Matikan fitur Wifi
Wi-Fi yang masih  aktif tentu saja dapat memakai daya baterai laptop bila tidak sedang  menggunakan akses nirkabel wireless atau sedang browsing internet, pastikan Wi-Fi setting dalam keadaan “OFF” sehingga baterai lebih tahan lama.

Jangan sering bongkar pasang baterai laptop karena dapat merusak kunci penahan baterai tersebut bila rusak maka tentunya anda harus perbaiki itu belum biaya servisnya Pastikan  baterai terpasang dengan baik pada laptop serta terhubung dengan listrik saat pengisian baterai.

apabila indikator pengisian baterai menunjukan sudah penuh 100 % , maka segera cabut  adaptor power dan biasakan untuk melakukan re-charging bila status batterai pada kondisi low sekitar 10-20%. Hal ini sangat berguna  untuk di lakukan  re-changing.

bila baterai terpasang pada laptop tersebut digunakan secara terus-menerus sambil tetap terhubung pada listrik, ini akan membuat batterai cepat rusak dan drop.

Cara Membedakan Baterai laptop Original (Asli) dengan palsu.

1. Cermati Bentuk fisik Baterai laptop yang anda Beli
lihatlah  kapasitas baterai yang tertera pada baterai laptop ,stiker, hologram, serta  barcode yang menempel pada baterai, apakah sesuai dengan spek laptop anda , bila terasa ganjil maka tak salahnya anda menanyakan masalah tersebut  ke penjualnya.

2. Beli lah baterai atau aksesoris  Toko resmi 
  
Bila anda menginginkan baterai yang 100% asli , tentu saja dengan membeli secara langsung di servise center resmi. merk Laptop anda Namun bila anda ingin membeli barang original yang harganya lebih Murah  yang berkualitas lumayan bagus maka anda harus pintar memilih Toko aksesoris Laptop yang terpercaya.

3. Lihat kemasan baterai 
Ternyata kemasan  produk baterai yang original dan palsu memang sangat berbeda, kemasan pada produk yang original memiliki warna yang lebih jelas serta terlihat rapi jika dibandingkan kemasan pada produk yang palsu. Begitupun dengan keterangan Baterai tersebut maka dari itu sebelum membeli alangkah sebaikya check kemasan baterai laptop tersebut. 

4. Perbandingan Harga

 semua produk baterai laptop  yang original ditawarkan dengan  harga yang mahal karena memang kualitas yang bagus ,Bila suatu toko  mewarkan produk baterai yang original dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran produk original, itu patut anda  waspadai karena tak menutup kemungkinan barang tersebut Aspal (Asli tapi Palsu).

5. Garansi
Setiap baterai laptop yang Original pasti di berikan garansi lansung pada Produsennya ,untuk itu sebelum menbeli anda harus menanyakan kepada penjualnya apakah terdapat garansi baterai laptop yang anda beli.

baca juga
Cara mengatasi laptop plugged not charging


0 Response to "6 Cara agar baterai laptop tetap awet dan tahan lama"

Post a Comment

1. Berkomentarlah Sesuai Judul Diatas Dengan Sopan

2. Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur P*rn0grafi dan S4ra.

3. Mohon Maaf Bagi Yang Berkomentar Melampirkan Link Langsung gue akan langsung hapus

4.dilarang mencopas artikel tanpa ijin

matur suwun sobat pembaca