Cara jitu Perbaiki hardisk dan flashdisk rusak corrupt ,tak terbaca

 
Tips cara memperbaiki hardisk yang rusak/corrupt

Tips cara memperbaiki hardisk yang rusak/corrupt-Apakah sobat juga pernah menemukan pesan kesalahan saat menggunakan hardisk maupun Flashdisk minta format  "File atau direktori sobat ternyata rusak/tidak terbaca"  dan andapun juga  tak dapat mengakses data dari disk USB  atau hard drive milik anda sendiri.

Masalah  tersebut dapat terjadi secara sewaktu-waktu  yang lebih parah lagi bila  hilangnya berkas/ file  karena sobat tidak  bisa lagi mengakses drive USB anda.Bila anda juga mendapat pesan 'H:.. \ tidak dapat diakses  atau direktori rusak dan tidak terbaca' Selain itu, sistem file tersebut  adalah RAW bukan NTFS.

Penyebab error  file, folder, MFT (Master File Table), FAT (File Allocation Table) sebagian orang juga belum tahu penyebab error drive tak bisa  terbaca Kenapa error pada drive kok bisa terjadi ? Dan apa saja penyebabnya ? Nah sobat di bawah ini gue jelasin penyebab drive rusak/corrupt.

 Sebagai pengguna Windows, sistem file yang paling sering digunakan adalah NTFS dan FAT. MFT berarti Master File Table dan hal ini termasuk dalam sistem file NTFS yang berperan penting dalam penyimpanan file. Semua informasi tentang file seperti ukuran, waktu, tanggal dan izin disimpan dalam entri MFT. Ketika file dihapus dari NTFS  dan entri MFT file ini akan ditandai dan dapat digunakan kembali dengan menggunakan software recovery file.

Aplikasi  recovery file bekerja dengan  mengambil data yang hilang dengan menganalisis informasi dari MFT. Oleh karena itu, sekali MFT mengalami kerusakan maka sistem tidak akan dapat mengakses data dari partisi NTFS.

partisi FAT umumnya digunakan pada flash drive seperti USB flashdisk dan kartu SD. Saat ini kebanyakan pengguna menggunakan FAT 32, FAT 16 dan FAT12.
FAT  menyimpan dan mengelola data dengan bantuan Tabel Alokasi File (FAT) fungsi utamanya adalah untuk memberitahu sistem computer di mana file itu disimpan. Jika FAT mengalami error maka sistem komputer tak bisa mengetahui lokasi penyimpanan file tersebut Dengan demikian  akan menyebabkan drive anda corrupt.

Hard drive atau flash drive eksternal terinfeksi virus
Sebagai pengguna internet, sobat pasti suka browsing ke banyak situs setiap hari dan Anda dapat men-download atau menginstal program ke komputer. Jadi sangat mungkin terjadi bahwa komputer Anda bisa saja  terinfeksi virus.

bahaya dari virus ini  dapat menghapus file-file penting tanpa pemberitahuanyang dapat menyebabkan  sistem operasi terjadi kerusakan dan informasi penyimpanan file akan hilang/ tidak bisa terbaca lagi.

Selain itu, mungkin juga dapat  menginfeksi drive lain yang terhubung ke komputer Anda. Dengan terpasangnya aplikasi  anti-virus  pada PC Anda. bukan berarti USB drive Anda terbebas dari virus karena virus tersebut dapat menginfeksi  PC lain yang tidak dilindungi dengan baik oleh perangkat lunak anti-virus tersebut.

Setelah virus itu  merusak sistem disk maka otomatis  penyimpanan partisi file tersebut  juga  tak dapat diakses pada drive. Kebanyakan program anti-virus tidak dapat mengambil data dari disk bahkan setelah virus dibersihkan. Oleh karena itu, memperbarui perangkat  anti virus secara berkala sangat dianjurkan.

USB drive atau flash drive  juga dapat rusak karena bad sector. bad sector adalah jenis sektor pada hard drive atau flash memory yang tidak lagi dapat diakses atau di tulis ulang  karena terjadi  kerusakan secara permanen. informasi partisi seperti sistem file biasanya disimpan pada lokasi tertentu. Jika lokasi termasuk bad sector maka sistem operasi tidak akan dapat data yang dapat diakses. Maka Anda akan mendapatkan pesan error seperti "File atau direktori rusak atau tidak terbaca" atau "Disk di drive yang X:. \ Tidak diformat Apakah Anda ingin memformat sekarang?" Bila anda menformatnya   removable disk maka risikonya adalah kehilangan informasi file sistem penting ,  jika Anda mencabut  paksa USB drive dari komputer saat drive mentransfer atau membaca data. Ini adalah salah satu penyebab USB anda rusak .

Kebanyakan disk eksternal dapat dicabut dengan aman dengan mengklik ikon Safely Remove Hardware pada area notifikasi, sudut bawah kanan layar. Pastikan bahwa sistem telah dilakukan pada tabungan atau mentransfer data ke drive sebelum mengeluarkannya. Jika perangkat USB memiliki lampu kecil yang menunjukkan itu masih digunakan, maka tunggu beberapa saat sampai lampu berhenti berkedip.
.
Solusi untuk memperbaiki penyimpanan partisi tidak terbaca dan tidak dapat diakses adalah dengan  memformatnya  partisi atau disk  yang di kehendaki .Jika file dalam disk tidak terbaca  dan juga file di dalam disk tersebut juga tidak penting bagi Anda, maka format adalah solusi termudah. Proses format mengkonfigurasi hard disk dengan file system baru, setelah sistem file lama dan rusak diganti Dengan system baru.

Kelemahan dari format hardisk/flashdisk adalah bahwa hal itu akan menghapus semua data yang ada off partisi dan mempengaruhi hasil recovery file. 

  • Langkah 1 Plug drive eksternal ke komputer dan buka Windows Explorer.
  •  Langkah 2 Klik kanan disk dan pilih "Format" item. 
  • Langkah 3 Pilih format file sistem yang Anda butuhkan atau hanya meninggalkan sebagai pengaturan default dan pilih "Quick Format". Kemudian klik "Start" untuk memformat drive.

Melaksanakan Chkdsk untuk memeriksa dan kesalahan sistem perbaikan berkas Chkdsk (Chkdsk.exe) adalah alat baris perintah yang ditawarkan oleh Windows untuk memeriksa dan kesalahan Volume perbaikan. Alat ini mencoba untuk memperbaiki masalah itu tahu, misalnya, cluster hilang, berkas saling-silang, kesalahan direktori, dll 

  • Langkah 1 Klik tombol "Start" dan klik Run.
  •  Langkah 2 Ketik cmd ke kotak terbuka dan tekan "Enter", maka Anda akan mendapatkan Command Prompt. Untuk Windows 7 dan 8 pengguna, Anda perlu menjalankan Command Prompt sebagai administrator: klik tombol Start dan mencari "Command", kemudian klik kanan dan pilih "Run as administrator". 
  • Langkah 3 Terus ketik chkdsk / f g: dan tekan Enter. G adalah huruf drive dari partisi masalah dan dapat F atau surat lain pada komputer Anda. Ketik Y dan tekan Enter dan restart komputer untuk melanjutkan pemeriksaan disk jika Anda mendapatkan pesan "Chkdsk tidak dapat berjalan karena volume sedang digunakan oleh proses lain. Apakah Anda ingin menjadwalkan buku ini harus diperiksa waktu berikutnya sistem restart?" Ini Mei mengambil lama untuk 

jika Anda ingin memulihkan data.
Memulihkan data dari partisi rusak atau tidak terbaca Sangat mudah untuk memulihkan data dari partisi yang file atau direktori rusak dan tidak terbaca. Eassos Recovery adalah pilihan yang baik untuk hard drive atau USB drive pemulihan data, karena menyediakan fungsi tertentu dan algoritma untuk mengambil file dan folder dari volume rusak.

  •  Langkah 1 Hubungkan USB drive ke komputer. dan gunakan aplikasi  Recovery. 
  •  Langkah 2 Jalankan perangkat lunak pemulihan hard drive dan pilih modul pemulihan pertama Recover File dari partisi.
  •  Langkah 3 Pilih partisi rusak dan klik tombol "Next" untuk memindai file dari itu. Langkah 4 Preview dan menyimpan file. Pilih file dan klik tombol "Next" untuk mendapatkan file pulih. 

berikut ini juga tips agar hardisk /flasdisk anda awet 

  1.  Jika Anda dapat backup data secara teratur, maka Anda tidak akan marah ketika mendapatkan pesan error. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk file penting backup dan menyimpan lebih dari copy lebih cadangan.
  2.   Jangan melakukan pengaturan jika partisi rusak berisi data penting. File dan pemulihan partisi harus dilakukan pertama. 
  3. Jaga baik-baik removable drive dan hard disk lokal dan melindungi mereka dari yang rusak atau hancur.
  4.  Update anti-virus untuk versi terbaru dan mencegah file dari yang rusak oleh virus atau malware. 
  5.  Gunakan ikon Safely Remove Hardware untuk mengeluarkan USB drive bukan sebelum memasukkan dari port USB.

0 Response to " Cara jitu Perbaiki hardisk dan flashdisk rusak corrupt ,tak terbaca "

Post a Comment

1. Berkomentarlah Sesuai Judul Diatas Dengan Sopan

2. Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur P*rn0grafi dan S4ra.

3. Mohon Maaf Bagi Yang Berkomentar Melampirkan Link Langsung gue akan langsung hapus

4.dilarang mencopas artikel tanpa ijin

matur suwun sobat pembaca